WELCOME to JF's ZONE

arek STIKOM SURABAYA

Jeff's says :

Inspirasiku untuk membuat blog yang dapat memberikan segala pengetahuan dan dapat menjadi tuntunan bagi sobat JF's Zone. Pengetahuan dengan dasar Teknologi Informasi yang aku dapatkan sehingga dapat berguna bagi pembaca dan dapat digunakan sebagai inspirasi dalam memperoleh wawasan.

Aku ingin ilmuku bermanfaat bagi orang lain...


Kinerja system ini berhubungan dengan bagaimana system dalam komputer dapat berkerja lebih efektif. Termasuk menjaga agar system tersebut stabil ketika running (berjalan) dalam melakukan sebuah proses.
Ada beberapa cara untuk menjaga kinerja dari system tersebut misalnya :
1.      Melakukan defragment secara rutin
Defragmenter berguna untuk mengatur sistem file dari hard disk, sehingga sistem operasi windows dapat lebih cepat membaca file yang ada pada hard disk. Caranya yaitu kalau pada windows vista pilih Start > All Program > Accessoris > System Tools > Disk Defragmenter.
2.      Menghapus Internet File dan temporary file
ika kita mengakses situs web yang sama di lain waktu, browser akan mengambil data dari temporary internet file tersebut. Namun, semakin banyak temporary internet file , kinerja prosesor akan semakin lambat
3.      Menggunakan Tweak UI untuk menambah kecepatan Windows
Tweak UI, sebuah utilitas yang menawarkan penambahan kecepatan pada Windows, juga memberikan kelebihan untuk mengostumasi desktop daripada yang biasa.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja system tersebut. Misalnya:
Faktor Internal
Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan komputer itu sendiri, diantaranya:
·         Banyak aplikasi yang terinstal
·         Banyak file sampah
·         Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up
·          Manajemen Sistem tidak teratur
·         Pilih Kinerja atau Penampilan
·         Proses Shutdown tidak sesuai perosedur
Faktor Eksternal
Selain faktor internal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya:
·         Tegangan listrik yang tidak stabil
·         Lingkungan yang berdebu
Performa dari komputer dapat dilihat pada task manajer. Misalnya :
Disini dapat melihat berapa besar kebutuhan memory yang digunakan pada saat system digunakan.

Untuk melihat proses apa saja yang berjalan pada system. Dapat dilihat pada process
Untuk mencegah pengguna Windows agar tidak dapat memberhentikan proses-proses penting seperti scan antivirus atau proses penting lainnya, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menon aktifkan fitur Task Manager.
Untuk dapat melakukan langkah pencegahan tersebut, maka sebelumnya Anda harus login sebagai Administrator. Setelah berada pada privillege Administrator, Anda dapat segera menjalankan Group Policy Editor dengan cara memanggilnya melalui tool Run. Pada kotak dialog Run, ketikkan “gpedit.msc” tanpa menggunakan tanda petik. Perlu diingat bahwa fitur Group Policy Editor hanya bekerja pada sistem operasi.
Kemudian setelah jendela Group Policy Editor terbuka, maka arahkan pada User ConfigurationAdministrative TemplatesSystemCtrl+Alt Del Options. Pada panel sebelah kanan, klik ganda pada bagian Remove Task Manager dan ubah statusnya menjadi Enabled. Maka Task Manager sudah tidak dapat lagi terbuka dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Namun Anda masih dapat memanggil Task Manager dengan cara mengaksesnya pada C:WindowsSystem32TaskMgr.exe, pilih Run As…, dan gunakan password Administrator.
Sesuai dengan apa yang telah saya sebutkan sebelumnya, langkah ini hanya berlaku pada sistem operasi Windows XP Professional Edition, tidak termasuk Windows XP Home Edition. Untuk dapat melakukan fungsi yang sama, maka bagi Anda pengguna XP Home Edition, Anda dapat melakukan ubahan pada System Registry.
Pengaturannya terletak pada HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem. Buat sebuah DWORD value dan beri nama DisableTaskMgr, berikan value 0 pada data tersebut. Lakukan pengaturan yang sama pada HKEY_USERS.DefaultSoftware MicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem.
Seperti halnya dalam penggunaan database.  SQL Server dan oracle merupakan suatu RDBMS (Relational Database Management System) yang dapat mengolah data. . Hal pertama yang akan kita lakukan jika mengimpelentasikan suatu aplikasi database  adalah membuat database itu sendiri. Pembuatan database dengan arsitektur yang tepat akan berpengaruh terhadap performa database itu sendiri.

Label:

0 Responses so far.

Post a Comment