WELCOME to JF's ZONE

arek STIKOM SURABAYA

Jeff's says :

Inspirasiku untuk membuat blog yang dapat memberikan segala pengetahuan dan dapat menjadi tuntunan bagi sobat JF's Zone. Pengetahuan dengan dasar Teknologi Informasi yang aku dapatkan sehingga dapat berguna bagi pembaca dan dapat digunakan sebagai inspirasi dalam memperoleh wawasan.

Aku ingin ilmuku bermanfaat bagi orang lain...


Oracle merupakan sebuah database relasional. Pada database relasional, semua data disimpan dalam table 2 dimensi yang terusun oleh baris dan kolom. Database Oracle memungkinkan untuk menyimpan data, mengubah (update) dan menampilkannya kembali.
Struktur data logic tersimpan dalam file fisik database. Untuk mempermudah melihat struktur database, dapat menggunakan Enterprise manager. Setiap detil informasi struktur logic database itu dapat dilihat dengan menekan link yang ada pada bagian storage pada halaman Administrator
A.  Control File
Ketika menjalankan Oracle Instance dan database sampai pada posisi mount, isi control files akan dibaca. Isi dari Control Files menspesifikasikan file fisik yang menyusun database. Ketika menambahkan file baru ke dalam databse, control files otomatis akan ter-update.
Beberapa hal yang perlu tentang Control Files :
1.      Suatu binary file yang menggambarkan struktur dari database.
2.      Diperlukan untuk mount, open dan akses database.
3.      Direkomendasikan terdapat minimal 2 buah control file yang disimpan di disk yang terpisah . Konfigurasi tersebut dinamakan multiplex
4.      Info sinkronisasi yang diperlukan bagi recovery disimpan di control-file
5.      Berisi data tentang databse itu sendiri, biasa dikenal dengan metadata
6.      File ini sangat penting bagi database. Tanpa file ini tidak dapat membuka data file untuk mengakses data yang ada pada database
7.      Wajib di-backup
      B.     Redo Log Files
Redo Log Files dipergunakan untuk menyimpan perubahan database sebagai akibat dari adanya transaksi dan internal action dari database Oracle.  Mereka menjaga integritas database saat terjadi kegagalan sistem yang disebabkan oleh padamnya aliran listrik, kerusakan disk ataupun penyebab lainnya.
Beberapa hal yang harus diketahui tentang Redo Log Files :
1.      Berisikan informasi perubahan database atau redo entry dari Redolog Buffer
2.      Berisikan data perubahan yang di commit maupun yang tidak di commit
3.      Proses penulisan redolog file ini ialah sirkular atau berputar
4.      Minimal ada 2 buah redolog group. Didalam 1 group minimal ada 1 file anggota atau member
5.      Sebaiknnya terdapat lebih dari 1 member file di dalam 1 group. Sebaiknya file-file member didistribusikan dalam disk terpisah.
6.      Semua group harus punya jumlah file member yang sama banyaknya
     C.     Datafiles
Datafiles berelasi dengan tablespace sebagai bentuk logic tempat penyimpanan. Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai datafiles adalah :
1.      Tempat obyek database (Tabel, index, dsb) disimpan
2.      Merupakan binary file
3.      Wajib di-backup
     D.    Oracle Instance management
Sebuah server oracle terdiri atas oracle database dan oracle instance. Sebuah oracle instance terdiri dari buffer memory atau yang dikenal dengan istilah System Global Area (SGA) dan background process, yang akan menghandle lebih banyak proses dibelakng layar untuk menjalankan instance.
Pertama, instance bersifat idle (nonexistent) sampai ia dijalankan. Ketika instance sudah berjalan, file inisialisasi parameter dibaca dan instance di konfigurasi berdasarkan instruksi yang ada pada file parameter tersebut
Setelah instance berjalan dan database telah berstatus opened baru kemudian user dapat  mengakses database.

Memory Oracle           = SGA + PGA
SGA                            = Shared Global Area
SGA                            = Shared Pool + Database Buffer Cache +Redolog Buffer
Shared Pool                 =Library Cache + Data Dict.Cache

Program Global Area atau PGA merupakan area memory Oracle yang tidak di-share. Oracle mengenalinya sebagai nonshared per proses memory area. Memori ini digunakan oleh background process dan juga oleh Server Process. Bila ada User Process maka akan dialokasikan sejumlah memori untuk server process, setelah selesai akan di-dealokasiakn kembali. Pada mode standard dimana digunakan mode Dedicated server, semua data mengenai session yang sedang connect ke database disimpan di PGA. Kecuali menggunakan mode MTS (Multi threaded Server), into session disimpan di SGA.
SGA atau Shared Global Area merupakan bagian memory Oracle yang di-shared atau dipakau bersama user. Dimaksuk SGA bukan PGA.
Beberapa bagian penunjang sebagai berikut :

·         Database Buffer Cache
Database Buffer Cache berisikan tempat bagi datablock yang sering dipanggil oelh instruksi SQL.
·         Redo Log Buffer
Redo Log Buffer berisikan data berisikan data perubahan dari database. Perubahan sekecil apapun dicatat dan selanjutnya dicatatkan ke file Online Redo Log.
·         Shared Pool
Shared Pool digunakan untuk menyimpan statemen SQL yang sering di akses dan digunakan dari data dictionary. Statement SQL ini biasanya diperoleh dari user proses, stored procedure yang membaca data dictionary.

Label:

0 Responses so far.

Post a Comment